Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Serabi Solo dapat 6,6 Juta dalam Sehari


Idebisnispemula.com - Serabi solo merupakan jenis makanan tradisonal yang masih diminati banyak orang. Rasanya yang manis dan gurih apalagi dinikmati dalam kondisi hangat, tentu akan membuat serabi solo sangat nikmat untuk dimakan. 

Sebelum kita membahas tentang ide bisnis usaha serabi solo, simak ide bisnis lainnya yang bisa jadi kamu sukai. Kalian dapat melihat pada peta situs kami. Terdapat beragam kategori ide bisnis yang dapat kalian lihat.

Nikmatnya rasa serabi solo membuat kami tertarik untuk membahas makanan tradisonal ini sebagai salah satu ide bisnis untuk pemula. 

Yuk kita bahas usaha serabi solo yang telah digeluti oleh Pak Ayub Asal pemalang Jawa Tengah.

Usaha Serabi Solo dapat 6,6 Juta dalam Sehari

Pengalaman Pak Ayub dalam Usaha Serabi Solo

Awal mula bisa belajar membuat Serabi Solo dari teman di jakarta. Setelah belajar selama 3 bulan lalu pulang dan langsung membuka sendiri Usaha Serabi Solo dengan gerobak.

Pada saat pertama kali buka gerobak, Usaha Serabi Solo yang digeluti pak Ayub langsung rame pembeli. Hal ini dikarenakan masih sangat jarang penjual serabi ditempatnya. 

Pertama Kali jualan Pak Ayub Membawa 2 KG adonan serabi, pada selanjutnya naik menjadi 3 Kg 4 Kg dan seterusnya hingga sekarang. Karena serabi solo termasuk makanna yang banyak peminatnya.

Pak Ayub juga kerap mendapat pesanan dari acara pengajian, dan acara warga lainnya. Pada saat bulan puasa penjualnnya naik hingga 2 kali lipat dari biasanya. Hal ini karena pesanan untuk kegiatan tadarusan di Masjid atau mushola yang cukup banyak.

Sudah 1,5 Tahun Pak ayub menekuni usaha serabi solo, yang kini sudah memiliki 11 cabang. Pak Ayub memberi nama usaha serabi solo yang digelutnya dengan nama serabi solo nyonya marlinda.

Sebelum berjualan serabi solo, Pak ayub pernah bekerja sebagai karyawan toko di Jakarta. 

Ketika pulang kampung dari jakarta pak ayub melihat belum banyaknya penjual serabi solo, peminatnya banyak, maka ia memutuskan untuk membuka Usaha Serabi Solo.

Modal Usaha Serabi Solo

Modal yang dikeluarkan pak Ayub pertama kalinya sejumlah 9 juta, itu sudah lengkap dengan gerobak dan peralatan pendukungnya. Sedangkan untuk modal bahan setiap harinya sejumlah 150 ribu untuk setiap gerobaknya.

Modal lainnya yaitu Pak Ayub harus membayar biaya sewa lapak seharga 250 ribu dan penitipan gerobak sebesar 50 ribu. Total yang dikeluarkan untuk buka lapak sebesar 300 ribu rupiah. 

Lokasi serabi nyonya malinda berada di depan pasar banjardawa PEMALANG.

Untuk mempersiapkan bahan, Pak Ayub pergi ke pasar jam 10 pagi, menyiapkan adonan serabi solo mulai jam 14.00 dan jam 15.00 sudah siap cetak.

Satu tempat cetak membutuhkan satu irus adonan serabi. Setelah matang langsung ditaruh diatas lembaran daun pisang. 

Setelah adonan dituang pada tempat adonan dari besi, langsung ditutup dengan penutup dari tanah liat agar matang sempurna.

Selain serabi original, Pak ayub juga membuat varian lain yaitu serabi dengan tambahan toping. Toping pisang, coklat, keju, kacang, dan nangka. 

Omset Usaha Serabi Solo


Harga serabi solo yang dijual pak ayub seharga 2000 rupiah. Jam buka serabi solo nyonya marlinda mulai dari jam 16.00 hingga jam 21.00 setiap harinya. Jika sedang ramai terkadang selepas Isya dagangan pak Ayub sudah habis terjual. 

Pelanggan usaha serabi solo pak ayub paling ramai datang pada jam 17.00 tepat sore hari saat banyak orang sedang bersantai.

Rata-rata dalam satu hari dapat menghasilkan omset 600 - 700 ribu perharinya untuk setiap gerobak. Pak Ayub memiliki 11 Cabang sehingga dalam sehari rata-rata menghasilkan omset 6,6 juta perbulan.

Pak Ayub hanya akan membuat serabi jika ada pembeli, karena pelanggan lebih suka menikmati serabi solo dalam kondisi hangat. Ketika belum ada pembeli terkadang Pak Ayub membuat beberapa stok itupun hanya sedikit.

Jika Adonan tidak habis, maka adonan tetap akan dicetak semuanya. Hasil cetakan serabi akan disetorkan di pasar pada esok harinya.

Harapan untuk teman-teman pemuda

Bagi Pak Ayub usaha lebih menjanjikan jika dilakukan dalam jangkan panjang, dibanding dengan kerja sebagai karyawan. 

Harapan beliau untuk teman-teman. Mumpung masih muda mulailah usaha sendiri, meskipun gagal kita masih punya waktu untuk berproses. 

Jika sudah tua akan lebih susah memulai usaha sendiri.

Kesimpulan Usaha Serabi Solo Nyonya Marlinda

Pak ayub merupakan orang yang visioner terhadap masa depan, beliau memilih usaha untuk kehidupan jangka panjang dibanding kerja sebagai karyawan.

Beliau gigih dalam berusaha dan memberikan pelayanan prima, sehingga dalam waktu 1,5 tahun saja beliau sudah memiliki 11 cabang usaha serabi solo.

Pak Ayub pandai memilih peluang bisnis. Peluang usaha serabi solo memiliki persaingan yang sedikit dan peminat yang banyak.

Beliau juga tidak pelit dalam berbagi ilmu. Beliau membagi cara membuat serabi solo dan juga resep serabi solo nyonya marlinda kepada masyarakat luas. 

Semoga cerita Pak Ayub dalam bisnis serabi solo nyonya marlinda dapat menginspirasi kita semua dalam memulai bisnis. Semoga ide bisnis usaha serabi solo dapat bermanfaat untuk kita semuanya. 

Saya do'akan semoga pengunjung website ide bisnis pemula dapat merahi kesuksesan dalam usaha yang sedang digeluti.

Artikel ini bersumber dari channel youtube Kawan dapur, untuk video lengkapnya dapat dilihat berikut ini.