Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

45 Juta sebulan dari usaha sempol ayam

usaha sempol ayam

Idebisnispemula.com - 45 Juta sebulan dari usaha sempol ayam. Kali ini kita ulik cerita dari seorang penjual sempol ayam gerobak. Meski terlihat sepele usaha sempol ayam yang digelutinya ternyata memberikan pendapatan yang cukup besar.

Sebelum kita membahas tentang bisnis sempol ayam, simak ide bisnis lainnya yang bisa jadi kamu sukai. Kalian dapat melihat pada peta situs kami. Terdapat beragam kategori ide bisnis yang dapat kalian lihat. 

Selain ide bisnis jajanan, ada juga ide bisnis kuliner, ide bisnis pertanian, ide bisnis peternakan dan masih banyak lagi lainnya. 

Malas baca! silahkan putar audio blog di bawah ini

Yuk kita bahas ide bisnis usaha sempol ayam.

45 Juta dari usaha sempol ayam

usaha sempol ayam

Awal mula usaha sempol ayam

Berawal dari istrinya yang pernah usaha sempol ayam, Adi terispirasi untuk melanjutkan usaha sempol ayam milik istrinya itu. Kebetulan saat itu ada temannya yang pulang kampung dari jakarta.

Kebetulan di tempat rantau temannya itu jualan sempol ayam, sehingga adi mengajakknya untuk membuka usaha sempol ayam di kampungnya. 

Setelah temannya setuju akhirnya mereka jualan sempol ayam. Hari pertama usaha sempol ayam mendapatkan omset 350 ribu rupiah saat itu jualan saat 7 hari sebelum puasa. 

Hari berikutnya omset terus naik, hingga akhirnya pada bulan puasa omsetnya langung melejit hingga 700 ribu perhari. 

usaha sempol ayam


Saat lebaran omset yang didapatkan mencapai 1,2 juta rupiah. Namun tujuh hari paska lebaran omset mulai menurun menjadi 600 hingga 700 ribu rupiah. 

Setelah itu temannya kembali lagi ke jakarta untuk bekerja lagi disana. Karena disana temannya memiliki dua gerobak sempol ayam. Sehingga dia melanjutkan usaha sempol ayam di jakarta.

Setelah kepergian temannya Adi mengajak adiknya untuk menemaninya dalam jualan sempolan, Sekian lama berjalan akhirnya membuka cabang.

Baru satu tahun adi menggeluti usaha sempol ayam ini. Setiap harinya ia dapat menghabiskan 1500 tusuk sempol ayam.

usaha sempol ayam ceria

Seperti usaha yang lain tentu branding cukup penting dalam pemasaran. Usaha sempolan ayam milik pak Adi diberi Nama Sempol Ayam Ceria. Karena Pak adi sendiri suka bercanda terhadap pelanggannya.

Cara membuat sempol ayam

Aktivitas usaha sempolnya dimulai setelah subuh hingga jam 12 siang. Paling lama adalah membuat sambalnya. 

Resep ayam sempolnya cukup sederhana hanya daging ayam dicampur dengan tepung sagu lalu digiling. Setelah itu adi membuat sendiri bentuk sempol sebagai salah satu resep sempol andalannya. 

Untuk Sambalnya menggunakan kacang goreng dan gula jawa agar sambalnya terasa lebih manis. Untuk sempol ayam ditambahkan telor agar lebih enak. 

Setidaknya ada 5 kilogram telur ia habiskan dalam sehari. Sedangkan untuk minyaknya sekitar 6 liter minyak goreng. 

Biaya yang dikeluarkan

Biaya yang keluar selama ini, untuk tempat dengan sistem sewa yaitu sekitar 100 ribu perbulan. Selain sewa biaya itu sudah meliputi titip gerobak dan biaya lampu penerangan. 

Waktu Jualan Sempol ayam

waktu usaha sempol ayam

Pak Adi berjualan di jl. Lumba-lumba, tanjungsari, pemalang. Dan waktu bukanya jam 4 sore hingga 11 malam. Paling rame jualan saat puasa yaitu saat sebelum waktu berbuka, banyak orang mencari takjil. 

Sedangkan pada hari biasa paling ramai itu setelah maghrib. 

Pak adi memiliki stok sempol di rumah, karena gerobaknya kecil tidak muat banyak sempol. Sehingga jika sempolnya habis maka ia akan mengambol stok sempol ayam yang ada di rumah.

Pak adi memiliki dua jenis produk yaitu sempolan dan baso tusuk. JIka sempolan penyajiannya hanya digoreng dengan telor, kalau baso tusuk penyajiannya dengan cara dibakar. 

usaha sempol ayam ceria


Harga sempol ayam dan baso tusuk yaitu 1000 rupiah. Dalam satu hari Pak adi dapat menjual 1500 tusuk, sehingga omsetnya rata-rata 1,5 juta setiap harinya. 

Nah itulah pengalaman pak adi dalam menjalankan usahanya jual sempol ayam. Meskipun terbilang remeh ternyata usaha sempol ayam memiliki peluang pendapatan yang besar. 

Semoga inspirasi usaha sempol ayam ini dapat membuat sahabat ide bisnis pemul;a semangat dalam berbisnis.

saya do'akan semoga pembaca ide bisnis pemula dapat sukses dalam usaha yang sedang digelutinya. 

Artikel ini bersumber dari channel youtube Kawan dapur, untuk video lengkapnya dapat dilihat berikut ini.