Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Jahe merah omset 900 juta


idebisnispemula.comIde Bisnis Jahe merah omset 900 juta. ide bisnis kali ini tidak asing bagi kita, meskipun begitu potensi keuntungannya masih sangat baik. Ide bisnis jahe merah menjadi peluang bisnis yang naik daun beberapa tahun ini. 

Tingginya minat masyarakat tentang obat herbal menyebabkan banyak petani yang mulai menanam jahe merah. Mari kita ulas salah satu petani yang cukup suskses di pertanian budidaya jahe merah.

Ide Bisnis Jahe merah


Pengalaman bisnis jahe merah

Reyn Sumual petani jahe merah dari Modoiding sulawesi utara memiliki total sekitar tiga hektar lahan untuk budidaya jahe merah. 

Untuk setiap hektar lahan yang akan ditanami ia membutuhkan sebanyak 2,5 ton bibit jahe merah. Itupun tergantung dari jarak tanam yang dikehendaki. Terkadang rapat terkadang longgar. Semakin rapat maka bibit yang dibutuhkan akan semakin banyak. 

Selama menjadi petani jahe merah, pak Reyn pernah mengalami masa senang dan masa sulit karena harga jahe merah yang berubah. Meskipun begitu ide bisnis jahe merah yang satu ini tetap pak reyn tekuni hingga saat ini.

Harga jahe tertinggi hingga 60 rb per kilonya pernah ia dapatkan  di sebelum tahun 2014. Harga terendah yang pernah pak Reyn dapatkan adalah 4 ribu per kilo pada tahun 2014. Tentu itu masa yang cukup sulit.

Pada tahun 2021 ini, harga jahe masih bertahan di angka 8 ribu hingga 9 ribu rupiah untuk setiap kilonya. ini dikarenakan adanya panen raya sehingga harganya menjadi serendah itu. 

Pada minggu sebelumnya harga jahe mencapai 12 ribu rupiah, sedangkan harga jahe di sumatra disaat yang sama berada pada angka 12500 rupiah. 

Lahan tanam jahe merah


Untuk lahan yang saat ini luas sekitar satu hektar dan lahin ini baru pertama kali ditanam jahe merah, sedangkan untuk lahan yang lain, sudah berkali-kali ditanam jahe merah.

Setiap lahan jahe merah yang pak reyn tanam memiliki usia tanam yang berbeda. Ada yang berusia empat bulan, ada yang sudah satu tahun dan siap panen.

Pada saat panen normal, rata-rata pak reyn mengku untuk satu hektar budidaya jahe merah yang ia tanam, dapat menghasilkan 60 ton jahe merah.

Perawatan jahe merah yang paling sulit dialami pada umur 2 hingga 3 bulan, pada usai rawan. Untuk pemupukan tergantung pada tanaman, bisa menggunaakan merk apa saja.

Jahe merah memiliki usia panen hingga satu tahun, namun pada usia 9 bulan jahe merah sudah bisa untuk dipanen. Pada usia itu jahe merah berada pada kondisi warna yang merah bagus semua. 

Omset bisnis jahe merah


Harga terbaik jahe merah yang pernah dia dapatkan adalah 40 ribu per kilogram, meskipun saat itu hasil panenya tidak banyak. Untuk masa kejayaannya pada budidaya jahe merah pernah ia mendapatkan hasil 30 ton dengan harga 30 ribu per kilonya. kurang lebih 900 juta rupiah dari hasil budidaya jahe merah saja.

Untuk satu hektar lahan jahe merah, pak reyn membutuhkan 15 orang tenaga kerja. Sedangkan total semua tenaga kerjanya ia membutuhkan 45 orang untuk menyelesaikan panen jahe merah. Padahal untuk penen jahe merah bisa membutuhkan waktu satu bulan.

Kendala pada budidaya jahe merah adalah penyakit pada tanaman jahe merah. Penyakit yang menyerng seperti bintik-bintik pada daunnya yang menyebabkan warna kekuning-kuningan. Hal ini bisa menyebabkan jehe panen lebih awal, sebelum usia masa panen pada umumnya. 

Penanganan untuk penyakit ini, adalah pemberian fungisida yang teratur. Penyakit kuning ini disebabkan oleh curah hujan yang terlalu tinggi. Sehingga bagus atau tidaknya jahe merah tergantung dari perawatan yang dilakukan oleh petani jahe merah itu sendiri.

Meskipun berada di lokasi yang sama, kualitas tanaman bisa berbeda, jika tidak dirawat dengan baik. Penyakit kuning bila tidak segera ditangani akan mengalami panen muda dengan jahe yang tidak tua dan warnanya tidak merah menyala. Tentu kualitanya juga menurun. 

Penjualan Jahe Merah


Penjualan jahe di wilayah pak Reyn dilakukan kepada pedagang besar, yang sering memasok jahe merah untuk wiayah sulawesi selatan. Ada juga ke manado, papua dan kalimantan. Ide bisnis jahe merah masih memiliki potensi yang tinggi. karena masih banyaknya permintaan.

Meski harga 8000 rupiah setiap kilo jahe merah, pak reyn mekalu masih mendapatkan hasil keuntungan yang bagus. Sistem panen yang bergantian akan mengurangi resiko harga jahe merah yang turun. Maka tidak disarankan untuk lahan luas sekali tanam dan sekali panen. 

Pesan pak reyn, tergantung dari petani mampu tidak bertahan dengan harga jahe yang naik turun. Karena usia panen yang lama, maka harus ada pendapatan selain jahe merah. Pak reyn sendiri juga menanam tanaman lain, yaitu kentang dan daun bawang, 

Melihat potensi jahe merah masih memiliki hasil keuntungan yang tinggi. Resiko yang rendah dari penyakit yang jarang menyerah jahe merah. 

Untuk liputan video yang dilakukan oleh zamrud channel dapat dilihat disini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi ide bisnis jahe merah.