Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

800 Juta Dari Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi

Idebisnispemula.com - 800 Juta dalam 10 bulan dari budidaya ikan koi. Kali ini kita bahas dari seorang penghobi ikan koi yang telah sukses membangun perusahaan koinya. Budidaya ikan hias koi memiliki pasar yang cukup luas, terutama kalangan menengah ke atas. 

Sebelum kita bahas pengalaman bisnis ikan koi, simak ide bisnis lain yang bisa saja cocok untukmu. Kalian bisa cek pada peta situs kami. Selain itu ada banyak sekali kategori ide bisnis yang bisa kalian lihat. 

Selain ide bisnis peternakan, ada juga ide bisnis kuliner seperti makanan, minuman dan jajanan ada juga ide bisnis pertanian, dan masih banyak lagi ide bisnis lainnya. 

Yuk kita bahas ide bisnis budidaya ikan koi

800 Juta Dari Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi

Awal cerita budidaya ikan koi

Berawal dari hobi memelihara ikan koi di kolam rumah di dalam rumah. Anggap saja budidaya ikan koi rumahan. Setelah itu ia melihat banyak yang minat, harganya juga mahal, dan juga ikannya bagus. Pak Wanto mencoba serius terjun dalam budidaya ikan koi. 

Hingga akhirnya mendirikan perusahaan koi yang ia beri nama Satria Koi. Satria Koi berfokus pada breeding atau pemijahan ikan koi. 

Dahulu Pak wanto masih mencoba-coba tentang pekerjaan yang cocok untuk dirinya. Sebelumnya pernah bekerja di luar negeri. Setelah pulang ke indonesia pak wanto sempat usaha di bidang peternakan dan perkebunan. 

Dia tidak menyangka usahanya budidaya ikan koi yang belum dia seriusi justru membawa hasil yang baik. 

Dari segi pemeliharaan ikan koi cukup mudah, karena pak wanto sendiri adalah pecinta koi. Setelah berjalan ternyata banyak yang minat dan justru pendapatan yang dihasilkan dari budidaya ikan koi cukup besar.

Awal masih susah, Pak wanto memulai usahanya dari modal menjual sepeda motorny seharga 6 juta rupiah. Lantas dia belikan bibit ikan koi dan dia pelihara beberapa tahun. 

Ternyata memelihara ikan koi tidak sulit, semenjak tahun 2010 pak wanto menekuni budidaya ikan koi hingga sekarang. 

Cara Budidaya ikan koi

Cara Budidaya Ikan Koi

Pak Wanto menceritakan potensi bisnis budidaya koi sangat berpotensi menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Berawal dari membeli bibit ikan koi sebanyak 3000 ekor dengan modal 6 juta rupiah. 3000 ekor yang dibeli tadi lantas dipelihara dalam tiga tempat. 

Setelah dipelihara selama 2 bulan, mulai disortir dimulai dari kualitas paling tidak baik dan segera dijual. Hasil penjualan sortiran ikan koi yang pertama tadi digunakan untuk membeli pakan ikan koi yang tersisa. 

Sortir ikan koi dilakukan setiap satu bulan sekali, untuk mendapatkan grade yang paling rendah. Hingga tersisa 25 % dari populasi ikan tadi, atau sekitar 800 ekor ikan.

800 ekor yang tersisa tadi bisa laku hingga 1 juta rupiah setiap ekornya, seandainya dipukul rata maka dapat menghasilkan 800 juta dalam waktu 10 bulan.

Benefitnya setiap penjualan grade ikan digunakan untuk membiayai pakan grade ikan yang lebih baik dan untuk biaya operasional kolam. 

Faktor yang membuat sukses budidaya ikan koi

Faktor pertama adalah keyakinan yang kuat bahwa kita bisa sukses pada budidaya ikan koi ini. Yang kedua merawat ikan koi dengan sepenuh hati. 

Misalpun sedang kelelahan, jika saatnya menguras kolam maka harus dilakukan saat itu juga. Selanjutnya faktor insting, bahwa ikan yang kita pelihara akan menjadi baik atau tidak baik. 

Tentu insting dilakukan pada saat penyortiran agar tersisa ikan koi dengan kualitas yang baik. Faktor terakhir adalah menciptakan pasar sendiri. 

Pembuatan pasar secara mandiri bertujuan agar keuntungan dari hasil budidaya ikan koi dapat dirasakan secara maksimal.

Cara menghasilkan ikan koi yang berkualitas

Cara Budidaya Ikan Koi


Faktor yang diperlukan agar dapat menghasilkan ikan koi yang berkualitas ada banyak. Faktor pertama adalah faktor induk ikan koi. Misalnya induk koi yang digunakan berasal dari lokal, maka pejantan koi harus dari impor. 

Faktor kedua adalah cara pemilihan indukan koi dan pejantan koi. Pemilihan yang tepat akan berpengaruh besar kepada hasil keturunan ikan koi yang didapat. 

Ikan koi yang akan di kawinkan tidak boleh dalam satu gen karena nanti banyak anakan ikan koi yang cacat, insang membuka, matanya cuma satu, kepalanya menonjol, nah itu harus dihindari.

Induk ikan koi dipilih yang memiliki ukuran jumbo dan pola warna yang tidak banyak, bisa dikatakan ikan simple. Dari indukan yang bongsor warna yang bagus maka akan menghasilkan keturunan yang bagus.

Setelah pemijahan dihasilkan banyak anakan ikan koi, dan dipelihara sesuai ukuran body ikan koi. Jika ikan ukuran besar dan ukuran kecil dalam satu kolam, maka ikan yang kecil akan kalah makan, sehingga terjadi perbedaan ukuran bodi ikan. 

Penentuan bagus tidaknya ikan koi tergantung kolam yang digunakan untuk budidaya. Kolam budidaya ikan koi tidak boleh terlalu teduh, dan tidak boleh terlalu panas. Jika terlalu panas akan menghasilkan warna ikan yang kusam.

Kolam ikan koi

Kolam Ikan koi

Kolam ikan koi harus memiliki kedalam minimal 120 cm. Jika didesain lebih dalam maka akan lebih bagus. Selain kolam yang dalam, kolam diberi air rator untuk kebutuhan oksigen, serta diberi putaran arus bawah, agar ikan koi akan bergerak dan menjadi agresif. 

Ikan koi yang terus bergerak akan menghasilkan body yang simetris dan bulki. Selain itu akrena dia aktif maka nafsu makan ikan koi lebih tinggi, akan menyebabkan pertumbuhan ikan lebih cepat.

Setelah itu keberhasilan lainnya adalah faktor pemberian obat yang tepat. Koi dapat terserang parasit dan penyakit. Parasit yang sering dialami oleh ikan koi adalah kutu tempel dan kutu jarum yang menancap. Kutu-kutu tersebut akan menyebabkan kematian pada ikan koi kita.

Jika itu terjadi maka, seketika itu harus segera diobati. Jika tidak ikan satu kolam bisa terinfeksi semua. dan akhirnya gagal panen.

Jika kolam yang berada di sawah pak Wanto menggunakan pestisida khusus, dan ditabur di air. Dalam waktu dua hingga tiga hari kutu yang menempel pada body ikan koi akan mati, dan juga kutu yang ada di air kolam. 

Untuk kutu jarum obat diberikan bersamaan dengan pakan ikan koi dengan perbandingan satu botol obat, untuk satu kilo pakan. Setelah itu pakan diangin-anginkan hingga kering dan pakan diberikan kepada ikan koi. 

Kepadatan jumlah ikan koi dalam kolam juga akan mempengaruhi pertumbuhan ikan. Jika terlalu padat ikan akan lama besar dan kolam menjadi cepat kotor. Jika kolam terlalu luas maka akan rugi tempat dan kurang maksimal hasilnya. 

Budidaya ikan koi di kolam beton lebih bisa menghasilkan ribuan ikan dibanding budidaya ikan koi di kolam kecil. Selian itu kita juga bisa lakukan budidaya ikan koi di kolam terpal, jika anggaran mu masih terbatas. 

Jenis - jenis ikan koi

jenis ikan koi

Jenis - jenis ikan koi sangat banyak karena banyak sekali penelitian tentang ikan koi. Terutama di jepang yang selalu menghasilkan jenis-jenis ikan koi baru. Nah jenis baru ini akan terus berkembang dan tidak terbatas jumlahnya. 

Meskipun banyak sekali jenis ikan koi yang paling populer di indonesia adalah jenis gosanke, shusui, asaki dan beberapa jenis baru. Nah dari beberapa jenis ikan koi, yang masih banyak penggemarnya adalah jenis gosanke.

Keuntungan budidaya ikan koi, dari sisi penghasilan, dapat digunakan untuk membangun rumah, bahkan meneyalurkan hobi mahal. Karena harga ikan koi yang mahal pula.

Nah sekilas itu dia cerita bisnis pak Wanto selaku peternak ikan koi yang mendapatkan 800 Juta dalam 10 bulan dari budidaya ikan koi

Semoga cerita pak wanto dapat menginspirasi sahabat ide bisnis pemula dalam memulai usahanya. 

Saya doakan agar sahabat semua dapat sukses dengan jalan bisnis yang di inginkan.

Artikel ini berasal dari channel youtube Pecah Telur. Kalian juga dapat melihat pada website pecahtelur.id Untuk video selengkapnya dapat dilihat berikut ini.