Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Omset 45 Juta Perbulan dari Bisnis Jualan Bubur Ayam dengan Gerobak Keliling


Idebisnispemula.com - Bubur ayam merupakan makanan yang biasa kita temui diberbagai tempat. Sangat mudah sekali menemkan penjual bubur ayam, bahkan dalam satu lokasi bisa 2 atau lebih penjual bubur ayam.

Sebelum kita membahas tentang bisnis bubur ayam, simak ide bisnis lainnya yang bisa jadi kamu sukai. Kalian dapat melihat pada peta situs kami. Terdapat beragam kategori ide bisnis yang dapat kalian lihat. 

Saking banyaknya penjual bubur ayam, ternyata bisnis bubur ayam bukan hal remeh. Ternyata omset yang dihasilkan cukup besar padahal hanya jualan gerobakan. 

Karena hal itulah yang membuat kita tertarik untuk membahas ide bisnis jualan bubur ayam. Nah dalam kisah ini kita akan bahas pengalaman Pak Taronoh asal pemalang yang sudah berjualan bubur ayam selama 15 Tahun dengan omset 45 juta perbulan.

45 Juta Perbulan dari Bubur Ayam

Kisah penjual bubur ayam Pak Taronoh

Pertama kali usaha jualan bubur ayam, dalam sehari Pak Taronoh bisa mendapat 40-80 ribu. Pak Taronoh jualan bubur ayam keliling pada waktu pagi, tetapi sangat sepi sekali. 

Akhirnya mencoba untuk menetap disuatu tempat berhasil mendapat 3 sampai 5 bungkus orderan saat pagi. Maka sejak saat itu Pak Taronoh menetap dilokasi ini sebagai lokasi jualan bubur ayam. 

Tak berlangsung lama, Pak Taronoh diusir oleh sesama pedagang, katanya tidak boleh jualan disini. Dengan dalih security ditempat itu tidak memperbolehkan adanya penambahan pedagang. 

Akhirnya mangkal juga di depan suatu rumah, itupun akhirnya diusir juga untuk tidak jualan disana. Itulah ketiga kalinya ia harus bergeser tempat untuk berdagang. 

Akhirnya dilokasi terakhir saat ini berada di komplek pondok indah samping pertokoan (dekat pintu masuk mobil).

Modal Jualan Bubur Ayam

Modal awal jualan bubur ayam untuk sewa lapak pertama kalinya mengeluarkan 20 ribu setiap bulan. Setelah 15 Tahun berjualan ditempat itu, kini biaya sewa lapaknya naik menjadi 50 ribu. 

Pak Taronoh termasuk telah sukses jualan bubur ayam hanya dengan gerobak. Hal ini dikarenakan dia dapat menghasilkan omset yang begitu banyak dalam waktu satu bulan. 

Selain kedua hal itu, semangat Pak Taronoh dalam berjualan perlu diacungi jempol karena sudah 15 tahun tetap bertahan dalam bisnis jualan bubur ayam.

Dalam satu porsi bubur ayam terdiri dari bubur,emping cakue, bawang goreng, seledri, kacang, ayam, krupuk, sambal. 

Pada penyajiannya beliau menerima makan ditempat dengan mangkok atau dibungkus dengan styrofoam untuk dibawa pulang.

Pengalaman Jualan Bubur Ayam


Sebelum berjualan sendiri Pak Taronoh, berjualan di pondok pinang sebagai karyawan bubur ayam juga selama 2 tahun. 

Pertma kali jualan saat masih keliling, harga bubur ayam hanya 3000 Rupiah. Itupun sehari hanya mendapat 40 ribu sehingga sangat tidak cukup hanya untuk menutup modal. 

Hari berikutnya mulai bertambah 60 ribu paling tinggi mendapat 150 ribu dan seterusnya hingga sekarang. Hal itu ia rasakan selama 2 bulan, sebelum akhirnya menetap. 

Jam Kerja Jualan Bubur Ayam


Pak Taronoh berjualan hanya pada waktu pagi hari selama 5 jam. Dimulai jualannya dari jam 06.00 hingga jam 11.00 siang. Waktu paling rame adalah jam 08.00 hingga jam 09.00 pagi. 

Omset Jualan Bubur Ayam

Dalam perjalanannya ketika jualan banyak sekali pembeli yang memberikan tips berupa uang kembalian. Kadang ada yang memberi 20 ribu, 30 ribu bahkan ada juga yang memberi tips hingga 80 ribu.

Harga 1 porsi bubur ayam seharga 14 ribu untuk makan ditempat maupun dibungkus. Selain bubur ia juga jualan sate hati ampela, sate telur puyuh, dan sate usus dengan harga 2500 per tusuknya.

Omset dalam sehari jika sedang ramai berkisar 1,5 Juta dalam sehari. Pada saat sepi ia bisa mendapatkan penghasilan sebesar 700 ribuan. 

Harapan dalam bisnis jualan bubur ayam



Pak Taronoh ingin membuka cabang, dengan temannya yang akan ia percayakan cabangnya tersebut.  

Nah itulah sedikit dari Pak Taronoh yang berbisnis jualan bubur ayam. Setelah kita lihat ternyata berbisnis jualan bubur ayam dapat menghasilkan omset yang cukup besar. dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi pengusaha sukses dari jalur jualan bubur ayam. 

Bermodalkan gerobak dan awalnya berjualan keliling, dapat menghasilkan omset hingga 45 juta dalam sebulan.

Semoga cerita Pak Taronoh dalam bisnis jualan bubur ayam dapat menginspirasi kita semua dalam memulai bisnis. Semoga ide bisnis jualan bubur ayam dapat bermanfaat untuk kita semuanya. 

Saya do'akan semoga pengunjung website ide bisnis pemula dapat merahi kesuksesan dalam usaha yang sedang digeluti.

Artikel ini bersumber dari channel youtube Kawan dapur, untuk video lengkapnya dapat dilihat berikut ini.